Al Baa’Its Artinya

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Al Baa'Its Artinya

Pengertian Al Baa’Its

Nama Allah, Al Baaith ( الباعث ) dibaca Al Baith termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah : 

  • Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur(Al-Hajj [22]: 7)

Baca Juga : Al Majid Artinya

Makna Kata  Al Baa’Its

Nama Allah, Al Baaith bermakna Yang membangkitkan segala manusia yang sudah mati, hidup kembali di alam kubur atau alam akhirat nanti.
“Al-Ba`ith “adalah atribut bahasa berasal dari bai`th yang artinya: aksi seru atau merangsang, sesuatu aduk seseorang untuk bertindak, mengirimkan seseorang di suatu tempat, akan keluar mencari balas dendam, atau hanya bangun seseorang.
Ini juga berarti mengirim tentara untuk perang: bai`th berarti tentara. Ini juga berarti untuk membawa kehidupan kembali setelah mati.
Kata “al-Ba`ith “menyampaikan lebih dari satu arti:
  1. Yang Mahakuasa akan membawa ciptaan-Nya bangkit pada hari kiamat sebagaimana dinyatakan dalam QS Al-Hajj dikutip di atas.
  2. Ia mengirim utusan kepada hamba-Nya: Dalam QS Al-Nahl, Dia berkata, “Dan tentu saja kita dibesarkan di setiap bangsa seorang nabi” (16:36).
  3. Ia mengutus hamba-Nya untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan menciptakan dorongan dan motivasi di dalamnya.
  4. Dia mengirimkan bantuan kepada hamba-Nya yang membutuhkan dan membantu orang-orang berdosa dengan menerima pertobatan mereka.

Baca Juga : Al Wadud Artinya

Al-Ba`ith membangkitkan kembali mereka yang berada di kuburan, membangkitkan hal menjadi gerak, menyebabkan penentuan, memanifestasikan pengetahuan yang tidak diketahui, membawa hamba-Nya hidup kembali, membangkitkan kembali ciptaan-Nya pada hari kiamat,
Ba`ith adalah kehidupan akhirat. Orang yang tahu arti sebenarnya dari kebangkitan tahu arti sebenarnya dari Atribut ini.
Kebanyakan orang memiliki kesalah pahaman umum banyak dan praduga tentang hal itu. Mereka membayangkan bahwa kematian adalah akhir dari segalanya, dan kebangkitan yang dimulai ciptaan baru dari nol, sama seperti ciptaan pertama dimulai.
Keyakinan mereka bahwa kematian adalah akhir dari segala sesuatu pasti salah, karena kita telah datang untuk belajar dari mempelajari Sunnah bahwa makam yang bersangkutan merupakan lubang api atau sepotong surga. Orang mati baik bahagia atau sengsara.
Yang bahagia, seperti martir, tidak mati, melainkan Allah berfirman yang berikut tentang mereka di Surat Ali-’Imran (Keluarga Amram) :
Baca Juga : Al Wasi Artinya

Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezki,

mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka, dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka bahwa tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak [pula] mereka bersedih hati. (QS.3 Ali-Imran :169-170)
Yang menyedihkan, hidup terlalu menjalani hidup sengsara. Untuk alasan ini, Rasulullah pernah ditangani yang terakhir pada masa setelah Perang Badar mengatakan,

Saya telah menemukan apa yang Tuhanku telah berjanji saya untuk kebenaran, maka, Anda telah menemukan apa yang Tuhanmu berjanji untuk menjadi kenyataan ?
Dia bertanya, “Bagaimana Anda bisa mengatasi orang yang telah berubah menjadi bau itu?
Dia menjawab dengan mengatakan, “Anda tidak mendengar saya lebih baik dari mereka, kecuali bahwa mereka tidak bisa menjawab saya kembali.“
Al-Ba`ith juga Dia Yang mengilhami tekad di hati orang-orang untuk melakukan tujuan mulia di medan perang jihad, dan untuk menyucikan diri.
Baca Juga : Al Mujib Artinya
Al-Ba`ith tanaman akan naik sampai upaya yang mulia, yang menghapus dari hati Anda bisikan jahat, pembersihan hati nurani yang paling dalam dari keberatan dan memurnikan perbuatan dari kekotoran.
Dia mengirimkan utusan-Nya untuk menyampaikan Perintah-Nya:

…. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.” (QS.2 Al-Baqara :213)

Setelah itu Kami bangkitkan kamu sesudah kamu mati, supaya kamu bersyukur (QS.2 Al-Baqara :56)
Dia bangun mereka yang tidur dengan kebangkitan tubuh mereka:

Dialah yang menidurkan kamu di malam hari (saat tidur), dan Dia tahu apa yang Anda memperoleh di siang hari, kemudian Dia mengangkat mu ke atas di dalamnya sehingga waktu yang ditentukan dapat terpenuhi , kemudian kepada-Nya adalah laba, maka akan Dia memberitahu Anda tentang apa yang Anda lakukan” (6:60).
Bai`ith disebut di berbagai tempat dari Quran Suci, ini adalah beberapa di antaranya: Tentu saja kita dibesarkan di setiap bangsa nabi mengatakan:

Sembahlah Allah dan shun Setan. Jadi ada beberapa dari mereka yang Allah dipandu, dan ada orang lain terhadap kesalahan yang disebabkan, karena itu, perjalanan di tanah dan saksi apa akhir mereka yang menolak [ayat-ayat Kami] adalah. (16:36)
Baca Juga : Ar Raqib Artinya

dan selama bagian dari malam berdoa tahajud melampaui apa yang wajib bagi Anda sehingga Anda dapat meningkatkan Tuhan Anda ke posisi yang terpuji. (17:79)

Kemudian Kami membangkitkan mereka sehingga Kita bisa memastikan yang mana dari dua partai yang terbaik dapat menghitung waktu selama mereka tetap (tidur). (18:12)

orang-orang kafir berpikir bahwa mereka tidak akan dibangkitkan. Tanggapan: Aye! Dengan Tuhanku! Anda akan pasti dibangkitkan, maka Anda akan pasti diberitahu tentang apa yang Anda lakukan, dan itu adalah mudah bagi Allah. (64:7)
Bagian dari inspirasi seorang hamba Allah mungkin dapat berasal dari atribut al-Ba`ith adalah pengetahuan bahwa jiwa pertama tidak memiliki pengetahuan apa pun, sama seperti tubuh. Allah berfirman yang berikut dalam Surat al-Ana`m:

Apakah dia yang sudah mati kemudian Kami membawanya kembali ke kehidupan dan membuat baginya cahaya dimana ia berjalan di antara orang-orang seperti orang yang dalam kegelapan mengucapkan dari mana dia tidak pernah bisa maju Jadi apa yang mereka dibuat adil tampak orang-orang kafir (Qur’an, 6:122)
Baca Juga : Al Karim Artinya
dan dalam Surat al-Nahl Dia mengatakan,

Dia mengirimkan para malaikat dengan inspirasi dengan perintah-Nya kepada siapapun yang Dia kehendaki dari hamba-Nya mengatakan : Berikan peringatan bahwa tidak ada Tuhan selain Aku, karena itu, hati-hati (tugas anda) untuk aku ” (16:2)
Baca Juga : Al Jalil Artinya