√ 19 Prospek kerja ilmu hukum : Pidana, Manajemen, Politik dan Gajinya

Posted on

1. Pengacara

Pengacara merupakan jasa profesi hukum yang mana membantu untuk suatu urusan sengketa yang bisa diselesaikan di luar atau di dalam sidang pengadilan.

Di dalam profesi hukum, dikenal istilah beracara yang terkait dengan pengaturan hukum acara dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana dan Kitab Undang-undang Hukum Acara Perdata.

2. Diplomat

Seorang diplomat tentu biasanya diidentikkan dengan luar negeri, pandai atau fasih dalam berbicara dan tentunya mengerti akan aturan dan hukum ketatanegaraan dan kaidah diplomasi.

Secara sederhana, seorang diplomat merupakan orang yang bekerja di Kementerian Luar Negeri dan ditempatkan di suatu negara untuk menjalankan fungsi yang terkait dengan hubungan negaranya dengan negara lain.

Akan tetapi, tak semua orang yang bekerja di Kementerian Luar Negeri dan ditempatkan di luar negeri merupakan seorang Diplomat, ada juga yang menjadi seorang staff.

3. Hakim

Di dalam persidangan tentu ada seorang yang namanya Hakim. Mereka yang bertugas untuk memimpin dan memutuskan segala sesuatu di dalam persidangan yang sedang berlangsung.

Bersama dengan Jaksa, Hakim menjadi komponen yang paling penting di dalam persidangan. Lulusan dari Ilmu Hukum tentu memiliki prospek yang sangat bagus menjadi Hakim dengan melewati berbagai proses yang harus dilalui.

4. Notaris

Notaris merupakan pejabat umum yang memiliki wewenang untuk membuat akta otentik. Akta yang biasa mereka buat ialah akta pendirian perusahaan, yayasan atau bahkan yang lain masih banyak.

READ  20 Prospek Kerja Administrasi Negara

Tidak hanya itu saja, notaris juga memiliki wewenang untuk membuat akta otentik dari suatu perjanjian, perbuatan atau bahkan dari suatu ketetapan.

5. Jaksa

Jaksa memiliki tugas untuk menyampaikan tuduhan atau dakwaan atas tuduhan untuk seseorang yang memang sudah melakukan tindak pelanggaran. Dalam hal ini, syarat menjadi seorang jaksa harus bisa menyelesaikan masa studi di jurusan S1 Ilmu Hukum.

Seorang yang ingin menjadi jaksa juga harus bisa lulus seleksi panitia Rekrutmen Calon Jaksa Kejaksaan Republik Indonesia. Tentunya karena memang tugas dan tanggung jawab yang diembang itu benar dan harus bisa adil atau seimbang.

6. Dosen

Bagi yang memang gemar atau suka dengan dunia pendidikan, untuk menjadi seorang dosen bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, ada suatu syarat yang harus ditempuh yakni harus lulus S2 terlebih dahulu.

Dalam hal ini, dosen memiliki tugas penting untuk mengajar dan mendidik mahasiswa agar bisa menjadi seorang yang beruntung. Sementara itu, salah satu kunci keberhasilan mahasiswa hukum ialah dengan rajin membaca.

7. Konsultan Hukum

Tugas dari seorang konsultan ialah memberikan nasihat. Di dalam hal ini, tugas dari konsultan hukum untuk memberikan nasihat kepada seorang ilmuan hukum. Mengapa bisa?

Bisa! Di saat ilmuan bingung untuk mengambil sebuah langkah atau keputusan, maka seorang konsultan bertugas untuk membimbing dan mengarahkan ilmuan hukum tersebut untuk bisa bersikap tegas dalam mengambil keputusan.

Tidak hanya menasihati saja, melainkan masih banyak tugas yang lain yang harus diembang. Jadi, tanggung jawab konsultan hukum juga tak kalah besarnya dan sangat sulit.

8. Polisi

Seorang ilmuan hukum juga ternyata bisa memiliki profesi sebagai seorang polisi. Tidak hanya harus berkecimpung di pengadilan saja. Polisi sendiri juga masih ada kaitan dengan ilmu hukum.

READ  √ 16 Prospek Kerja Agribisnis : Gaji, S1, D3

Adapun mungkin beberapa syarat yang harus dilewati yakni mengatur hukum dan perundang-undangan yang ada di Indonesia.

9. Birokrat

Seseorang yang lulus dari jurusan ilmu hukum juga ternyata bisa mengambil peluang kerja di bidang birokrat. Tugas dari seorang birokrat yang biasanya berada di pemerintahan yakni di Kementerian, Departemen, DPR, DPRD, DPD dan masih banyak lagi yang lain.

Jadi, seseorang yang bekerja di bidang birokrat dalam suatu pemerintahan biasanya memiliki tugas yang selalu berurusan dengan masalah birokrasi.

10. Panitera, Juru Sita atau Staff Administrasi

Tak melulu menjadi seorang hakim, panitera, juru sita atau staff administrasi juga menjadi salah satu pekerjaan yang mulia. Staff tersebut bekerja di Mahkamah Agung (MA).

11. Notaris

Seorang notaris bisa memiliki masa depan cerah sebab memiliki penghasilan yang lumayan. Kemampuan mereka dibutuhkan dalam membuat beragam akta pendirian, warisan dan lain-lain. Notaris pemula saja bisa mendapatkan penghasilan paling rendah 4 juta rupiah per bulan.

12. Hakim

Menjadi seorang hakim tentu tidak mudah karena dibutuhkan kredibilitas yang tinggi. Di tangan hakim, keputusan pengadilan menjadi tonggak penting dalam hukum. Tak heran jika pemerintah saja berani menggaji hakim dengan nilai fantastis misalnya hakim MA yang mendapatkan gaji senilai 121 juta rupiah per bulan. Wow!

13. Jaksa

Syarat menjadi seorang jaksa tidak mudah sebab harus lulus seleksi yang diselenggarakan pemerintah. Jaksa memiliki peranan penting dalam menyampaikan dakwahan tuduhan pada pelaku kejahatan. Gaji Jaksa tentu saja sangat besar sebab ia merupakan pegawai pemerintahan yang kredibel.

14. Dosen

Peluang atau prospek kerja jurusan Hukum masih terbuka lebar bagi Kamu yang berminat memiliki karir di bidang kependidikan. Kamu bisa menjadi seorang dosen yang mengajar mahasiswa fakultas Hukum. Gaji dosen mungkin setara pegawai BUMN pemerintah tetapi tunjangan yang diberikan bakal membuat masa depan Kamu cerah.

READ  √ 15 Prospek kerja teknik perkapalan

15. Konsultan Hukum

Kamu juga bisa menjadi seorang konsultan hukum yang memberikan pandangan atau arahan terkait kelengkapan dokumen saat menghadapi sidang. Biasanya seorang konsultan bekerja di sebuah lembaga. Prospek karir yang menggoda karena memberikan bayaran yang variatif mulai jutaan hingga puluhan juta.

16. Diplomat

Kamu juga bisa menjadi seorang duta besar atau diplomat yang ditempatkan di luar negeri loh! Tentu dibutuhkan ilmu komunikasi yang bagus untuk mendukung basic ilmu hukum Kamu. Gaji diplomat jelas sangat besar sebab merupakan mandat atau perintah dari negeri tercinta.

17. Staf Kementerian

Coba saja cek lowongan pekerjaan CPNS dari pemerintah beberapa waktu lalu! Banyak Staf Kementerian yang membutuhkan pekerja lulusan jurusan Hukum. Gaji pokok seorang pegawai negeri memiliki kisaran tersendiri hingga 5 jutaan untuk golongan IV. Tentu Kamu masih akan menerima tunjangan lain-lain yang akan membuat kehidupan lebih mapan.

18. Polisi

Menjadi seorang polisi tentu harus memiliki kemampuan di bidang hukum yang baik. Lulusan Hukum bisa mencoba menjadi seorang polisi yang tentu harus lolos seleksi. Gaji yang ditawarkan pun cukup besar tergantung golongan sebab profesi ini merupakan pekerja penerima upah negara.

19. Pengusaha

Apakah hanya anak Manajemen atau Ekonomi yang berhak menjadi pengusaha? Tentu saja tidak. Lulusan Hukum juga memiliki masa depan dan peluang cerah sebagai pengusaha muda. Kamu bakal memiliki pengetahuan soal syarat membangun dan mengelola usaha agar tidak melanggar aturan hukum.

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 19 Prospek kerja ilmu hukum : Pidana, Manajemen, Politik dan Gajinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *