Ceramah Singkat Ramadhan

Diposting pada

Ceramah Singkat Ramadhan

Ceramah Singkat Ramadhan 01

Tema : Keutamaan Puasa Ramadhan


Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

Alhamdulillaahi robbil’alamiina. Washsholaatu was salaamu’alaa asyrofil mursaliina, wa’alaa  aalihi washohbihi ajma’iina. Ammaa ba’du.


Alhamdilillah pada kesempatan ini saya dapat bertemu muka dengan teman-teman yang dirahmati  dan dimuliakan Allah. Harapan saya semoga kultum yang akan saya bawakan ini dapat membawa  manfaat bagi kita semua. Amien.

Kaum muslimin-muslimat yang berbahagia.

Sebagaimana diketahui bahwa puasa adalah salah satu ibadah terbesar dan sebaik-baiknya  amalan ketaatan. Dan puasa ramadhan adalah puasa tertinggi dan wajib hukumnya bagi semua  muslim. Allah menyatakan bahwa amalan puasa adalah untuk-Nya dan Dia langsung yang memberi balasan yang berlipat-lipat, dikhususkan dengan pintu surga dan dipanggillah orang-orang yang  berpuasa darinya untuk masuk, tidak akan memasuki surga lewat pintu tersebut kecuali  orang-orang yang berpuasa.


Banyak sekali keutamaan puasa pada bulan ramadhan yang dikabarkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Diantara keutamaan puasa ramadhan adalah sebagai berikut :


1. Bahwa puasa juga diwajibkan atas ummat sebelum kita. Allah berfirman :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas  orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqoroh : 183)


Jika puasa bukan sebuah amalan yang agung, maka tidak mungkin puasa juga diwajibkan atas  ummat-ummat sebelum kita. Walaupun puasa mereka berbeda dengan puasa kita, artinya bukan pada bulan ramadhan yang diwajibkan atas mereka, akan tetapi a


malan puasa itu tersendiri telah diwajibkan atas mereka yang menandakan bahwa amalan ini sangatlah agung.


2. Puasa adalah sebab diampuninya dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan. Rosulullah -sholallahu ‘alaihi

wasallam- bersabda :

“Barang siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan pengharapan (pahala), diampuni dosa-dosa  yang telah lampau.” (Muttafaq ‘Alaihi)Iman maksudnya beriman dengan Allah dan ridho atas diwajibkannya puasa ramadhan.

Pengharapan yaitu mengharap balasan dan pahala dari Allah. Jika seseorang telah yakin dan ridho akan kewajibannya berpuasa serta tidak benci atas kewajiban puasa ramadhan, yakin terhadap pahala dan ganjaran yang  akan didapat maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.3. Bahwa pahala puasa tidak terikat dengan jumlah tertentu, akan tetapi pahalanya diberikan kepada orang  yang berpuasa tanpa ada perhitungan.


Rosulullah-sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda : “Semua amalan anak Adam untuknya dan dilipat gandakan setiap satu kebaikan (dianggap) sepuluh kali kebaikan tersebut dan dilipat gandakan menjadi 700 kali. Allah berfirman : Kecuali puasa, karena amalan  itu untuk-Ku dan Aku akan membalasnya. (disebabkan) meninggalkan sahwatnya dan makanannya demi Aku.” (HR Muslim)


4. Dua kabahagiaan bagi orang yang berpuasa. yaitu kebahagiaan ketika berbuka puasa setelah menahan nafsu, lapar dan dahaga sehari penuh. dan kebahagiaan ketika menjumpai Allah diakherat dengan  dimasukkannya kedalam surga-Nya. Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda : “Untuk orang yang berpuasa dua kebahagiaan : kebahagiaan ketika berbuka puasa. dan kebahagiaan ketika menemui Tuhannya.” (Muttafaq ‘Alaihi)


5. Bahwa amalan puasa memberi syafaat kepada yang mengamalkannya. seperti Al-Qur’an yang memberi syafaat diakherat kepada orang yang membacanya. Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda : “Puasa dan Al-Qur’an memberi syafaat bagi seorang hamba pada hari kiamat.


puasa berkata : Wahai Robb, aku telah menahannya dari makanan dan syahwat maka berikanlah syafaat. Al-Qur’an berkata : Wahai Robb, aku telah menahannya dari tidur dimalam hari maka berilah syafaat. Rosulullah berkata : maka keduanya  memberi syafaat.” (HR Ahmad, Ath-Thabrany dan Al-Hakim)


Itulah 5 keutamaan puasa ramadhan. dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan yang berkaitan dengan amalan puasa. Dengan diwajibkannya amalan-amalan bukan saja memberikan pahala bagi kita, bahkan menjadikan kita sebagai makhluk yang utama dan penuh dengan masa depan yang cerah. Semoga kita dijadikan sebagai hamba-hamba-Nya yang taat dan ridho dengan semua keputusan-Nya. Amien.

Wabilahit taufiq walhidayat. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ceramah Singkat Ramadhan 02

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaratuh …

Para Jamaah Shalat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagian oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam pertama kita melaksanakan shalat sunat tarawih dan witir serta bertadarus.

Nanti dini hari kita semua akan melaksanakan sahur di rumahnya kita masing-masing. Pada malam ini saya akan memberikan kultum yang singkatan dari “Kuliah Tujuh Menit” bisa juga kita sebut “Kuliah Tujuh Belas Menit” atau “Kuliah Tujuh Puluh Menit”, itu bukan kuliah ya… tapi ceramah

Saudaraku Yang Dimuliakan Allah … Judul kultum malam ini saya beri judul dengan “Bulan Suci Ramadhan”. Namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala shalat tarawih malam pertama yaitu :

PADA AWAL MALAM RAMADHAN ALLAH SWT MENGAMPUNI SEMUA DOSA YANG TERSEMBUNYI DAN YANG TERANG-TERANGAN, MENINGGIKAN BERIBU-RIBU DERAJAT, MEMBANGUN LIMA PULUH RIBU KOTA DI SURGA UNTUK ORANG YANG BERPUASA. (HARI PERTAMA SUDAH SEPERTI ITU, DOSA-DOSA KITA AKAN DIAMPUNI DAN DITINGGIKAN DERAJATNYA, JADI JANGAN SAMPAI KITA MELEWATKAN PUASA RAMADHAN).

Para Jamaah Yang Dimuliakan Oleh Allah SWT, mari kita sambut bulan suci yang mulia ini, yaitu bulan Ramadhan dengan penuh rasa cinta dan gembira. Mari kita panjatkan rasa sukur kepada Ilahi, atas karunia dan nikmatnya pada kita semua. Di mana kita telah diberi panjang umur, sehingga kita memasuki bulan Ramadhan dengan tenang dan khusuk.

Itulah karunia yang amat besar, sebab hidup di bulan Ramadhan berarti kita diberi kesempatan untuk beribadah, meraih pahala sebanyak-banyaknya. Mari kita berlomba-lomba merebut peluang yang besar ini. Karena bulan ini sangat berbeda dengan bulan-bulan yang lainnya.

Sungguh sebuah anugerah yang luar biasa karena kita masih ditakdirkan Allah swt untuk dapat menjalani puasa lagi di tahun ini. Lihatlah …  betapa banyak sahabat-sahabat kita di tahun lalu beliau masih bersama kita, namun kini mereka telah dipanggil untuk menghadapNya.

Pada bulan Ramadhan ini, seandainya kita semua mengetahui apa yang terdapat di dalam bulan Ramadhan, niscaya kita menginginkan agar semua tahun itu menjadi bulan Ramadhan. Karena sesungguhnya kebaikan berkumpul di bulan ini.

Ketaatan diterima oleh Allah Subhanahu Wata’ala, Do’a dikabulkannya, semua dosa diampuni dan surgapun rindu kepada kita. Sungguh bulan ini merupakan ajang persaingan yang hebat, untuk kita saling berlomba memperbanyak amal-amal, memperbanyak pahala, mempertebal iman dengan melawan hawa nafsu kita.

Pada bulan Ramadhan ini kita tidak hanya menahan lapar dan dahaga, kita juga menahan hawa nafsu kita dari melakukan perbuatan yang bukan-bukan atau yang tidak bermanfaat. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan kita akan menjadi insan yang muttaqin.  Semoga saja Ceramah Singkat Bermanfaat Untuk Kita Semua. Aamin Ya Rabbal ‘Alamin.

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarkatuh (@TM)

Lihat Juga : Harga Ready Mix