√ Contoh Soal Gerak Parabola : Rumus dan Jawabannya

Diposting pada

Gerak Parabola

Contoh Soal Gerak Parabola – Dikelas X Anda telah mempelajari gerak pada lintasan garis lurus. Pada sub bab ini Anda akan mempelajari suatu benda yang melakukan dua gerak lurus dengan arah yang berbeda secara serentak. Misalnya gerak yang dialami bola yang dilempar dan gerak peluru yang ditembakkan. Gerak inilah yang Anda kenal sebagai gerak parabola. Perhatikan Gambar 1.6 berikut!

Berdasarkan Gambar 1.6, sumbu X dan Y sebagai titik acuan peluru yang mau ditembakkan. Jika kecepatan awal peluru adalah v0 dengan sudut elevasi ϴ 0 , maka kecepatan awal peluru diuraikan dalam komponen vertikal dan horizontal yang besarnya adalah sebagai berikut.

dengan percepatan horizontal ax adalah nol. Artinya, komponen kecepatan horizontal vx pada gerak itu konstan dalam selang waktu t . Sehingga diperoleh persamaan sebagai berikut.

Pada waktu t, kecepatan vertikal v y , maka percepatan vertikalnya a y = –g. Sehingga diperoleh persamaan:

Jarak horizontal yang ditempuh peluru pada waktu t, dengan kecepatan konstan dipenuhi oleh persamaan:

Ketinggian peluru pada waktu t dipenuhi oleh persamaan:

Berdasarkan persamaan x = v0 cosϴ 0t kita peroleh persamaan

Jika Anda masukkan ke persamaan

maka diperoleh persamaan berikut.

Persamaan y = ax – bx2 inilah yang Anda kenal dengan persamaan parabola. Pada waktu peluru mencapai ketinggian maksimum (h), maka v y = 0. Secara matematis ketinggian peluru dapat ditentukan melalui persamaan berikut.

Jangkauan terjauh yang dapat ditempuh peluru, tergantung pada sudut elevasi peluru. Nilai jangkauan terjauh R adalah sebagai berikut.

Contoh soal gerak parabola

  1. Sebutir peluru ditembakkan dengan kecepatan 100 ms–1 dan sudut elevasi 37° (sin 37° = 0,6). Jika percepatan gravitasi 10 m/s2 , maka tentukanlah:
  2. waktu yang diperlukan peluru untuk mencapai titik tertinggi dan kecepatannya,
  3. kedudukan titik tertinggi,
  4. lama peluru di udara, dan
  5. jarak terjauh yang dicapai peluru!

  1. Sebuah peluru meriam ditembakkan dengan kelajuan 60 m/s. Pada sudut berapakah meriam tersebut harus diarahkan agar peluru mencapai tanah pada jarak 180 m? (g = 10 m/s2

demikianlah artikel dari dosenmipa.com mengenai contoh soal gerak parabola, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.