√ 28 Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gaji

Dosen Teknik Mesin

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di teknik mesin setelah lulus S1 nanti, prospek kerja teknik mesin nyang paling memungkinkan bagi kamu ialah menjadi tenaga pengajar alias dosen. Tapi ya, kamu juga memang harus menguras otak lebih jauh untuk belajar di jenjang yang lebih lanjut.

Peneliti

Senada dengan menjadi dosen, peluang kerja teknik mesin ini juga berada di jalur akademisi. Yap, kamu juga bisa menjadi peneliti di bidang mesin. Kamu dapat meneliti kendaraan masa depan, material berpotensi bahkan hingga ke sumber energi alternatif. Adapun instansi resmi pemerintah mengenai penelitian ini ialah LIPI.

Perancang Mesin

Salah satu bidang di teknik mesin ialah desain dan konstruksi. Di teknik mesin kamu akan belajar bagaimana merancang sebuah mesin, mulai dari menggambar modelnya hingga memilih bahan dan juga proses untuk pembuatannya. So, prospek kerja teknik mesin satu ini sangat layak sekali kamu dapatkan ketika kamu memang fokus di desain dan kontruksi di perkuliahan.

Industri Otomotif

Hal yang paling dekat dengan teknik mesin barangkali ialah otomotif. Coba deh tanya orang umum apa yang terpikirkan oleh masyarakat saat mendengarkan kata teknik mesin. Sebagian besar bakal kepikiran mobil, motor dan juga produk otomotif lainnya. Seorang lulusan teknik mesin pastinya sangat diterima di industri ini. Contoh perusahaan besar di bidang ini ialah ASTRA.

Bagian Produksi Industri

Selain desain dan juga konstruksi, satu bagian teknik mesin lainnya ialah produksi. Di bidang ini kamu akan belajar proses-proses produksi dan juga segala hal yang berkaitan dengannya. Bahkan juga belajar bagaimana cara otomasi produksi (membuat produksi menjadi otomatis dan juga terkontrol).

Insinyur Pengelasan

Pernah dengar kata welding engineer? Kalau bahasa kitanya itu “insinyur pengelasan”. Pengelasan ini banyak jenis dan juga tekniknya lho. Bahkan ada yang ekstrim seperti pengelasan bawah air! Semua itu ialah bidang kerjanya teknik mesin. Cuma, untuk sampai ke sini, kamu juga harus ikut pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi sebelum dapat bekerja di bidang ini.

Konsultan

Prospek kerja teknik mesin lainnya ialah sebagai konsultan teknik. Banyak perusahaan yang butuh pihak ketiga untuk menyelesaikan permasalahan di industri mereka. Misalnya ada kerusakan pada bagian mesin pabriknya dan tidak dapat ditangani oleh karyawan, mereka akan mendatangi konsultan untuk memecahkan masalah tersebut.

Pertambangan

Di luar sana banyak sekali alumni teknik mesin yang bekerja di pertambangan. Sebut saja perusahaan bernama PAMA dan juga Freeport. Industri pertambangan butuh alat-alat yang besar, bukan? Untuk mengoperasikan dan juga memperbaiki alat-alat itu, tidak salah lagi, dibutuhkan lulusan teknik mesin yang handal.

Perminyakan

Sama halnya dengan poin sebelumnya, prospek kerja teknik mesin lainnya ialah di industri perminyakan. Seorang insinyur teknik mesin sangat dibutuhkan di industri ini. Contoh ialah perusahaan bonafit di sektor ini merupakan Pertamina atau perusahaan-perusahaan minyak besar di Arab sana. Salah satu contoh pekerjaan di sektor ini ialah piping engineer alias insinyur pemimpaan.

Pengusaha

Prospek kerja teknik mesin lainnya ialah menjadi pengusaha. Tidak sedikit juga alumni teknik mesin yang memilih berkarir di sektor wirausaha, entah itu berjualan produk-produk engineering / malah yang lainnya. Mungkin ini cocok bagi mereka yang gak suka bekerja sebagai bawahan orang lain, jadi dapat bangun CV atau PT sendiri.

Perusahaan Energi

Sebut saja PLN, ya perusahaan energi negara satu ini kerap menjadi idaman para lulusan teknik, termasuk teknik mesin. Teman-teman penulis yang sama-sama lulusan teknik mesin banyak lho yang diterima bekerja di PLN. Dan tidak tertutup kemungkinan untuk perusahaan energi yang lainnya.

 Maintenance Engineer

Bagian maintenance atau pemeliharaan ialah bagian wajib yang mesti ada di setiap industri, industri apapun! Sehingga ini menjadi prospek kerja teknik mesin yang setiap tahun akan menyerap banyak tenaga baru. Kalau dalam ilmu tekniknya kamu akan mengenal preventif, pediktif dan juga jenis-jenis pemeliharaan lainnya.

 Kontraktor gedung

Tidak hanya alumni teknik sipil, alumni teknik mesin juga dibutuhkan sekali di bidang konstruksi bangunan lho, terutama bangunan gedung tinggi. Bagian mananya? Instalasi AC, pemipaan, hingga sirkulasi udara itu pekerjaan anak lulusan teknik mesin, anak sipil mah gak bisa soal itu. Coba bayangkan kalau gedung tinggi tanpa hal-hal itu, dapat dipastikan tidak akan ada yang mau menempati gedung itu.

 Developer

Seorang lulusan teknik mesin bisa juga bekerja di perusahaan pengembang lho. Misalnya pengembang mobil listrik, robot rumah tangga, hingga produk-produk futuristik lainnya yang butuh sentuhan tangan seorang insinyur seorang teknik mesin.

 Perusahaan alat dapur

Selanjutnya di prospek kerja teknik mesin, ada perusahaan alat-alat dapur. Apa? Alat dapur? Iya, serius saya ini loh. Tahukah kamu apa material yang digunakan untuk membuat alat-alat dapur? Kalau kamu jawab aluminium, pengetahuanmu kuno. Aluminium itu digunakan untuk peralatan dapur dapat dan murah sebab gampang lengket. Material yang lebih baik adalah teflon dan yang lainnya. Untuk bagian material-material ini, anak teknik mesin sangat paling ngerti.

 Bengkel

Mungkin ada ya yang sering dengar cemooh masyarakat “buat apa kuliah di teknik mesin kalau ujung-ujungnya hanya kerja menjadi bengkel juga”. Mungkin di pikiran mereka kuliah 4 tahun di teknik mesin itu cuma belajar cara menjadi montir, memperbaiki mobil dan juga lainnya. Padahal hal itu hampir tidak ada diperkuliahan. Pun kalau akhirnya kamu bekerja di bengkel, tentu bukan sebagai montirnya tetapi pemiliknya / seseorang yang bekerja di balik meja.

 Industri proses

Semen, minyak goreng, pupuk, tekstil dan juga sebagainya menjadi lahan yang baik bagi seorang lulusan teknik mesin. Bersama dengan lulusan teknik lainnya, insinyur teknik mesin merancang proses produksi dan lain sebagainya.

 Industri transportasi

Dari motor sampai pesawat terbang. Prospek kerja teknik mesin yang satu ini menuntut seorang alumni teknik mesin dapat merancang dan memproduksi bodi, casis dan lainnya. Mengerti mengenai proses pembentukan seperti deep drawing, casting dan slain sebagainya.

 Instansi pemerintah

Kesempatan berkarir untk para lulusan teknik mesin tidak hanya terbatas di sektor swasta, teman-teman. Kamu dapat juga berkarir sebagai “abdi negara” dengan bekerja di instansi negara. Contoh instansi negara yang dapat dimasuki lulusan teknik mesin adalah IPTN dan BPPT.

 Sales

Meskipun tidak terlalu populer, tapi pemahaman seorang alumni teknik mesin sangat mumpuni apabila dibawakan untuk berjualan produk-produk teknik. Misalnya sales mesin pertanian sampai alat-alat berat. Jadi sales pun termasuk prospek kerja teknik mesin.

 Pekerjaan umum lainnya

Selain bekerja di bidangnya sendiri, alumni teknik mesin dapat melakukan penetrasi ke sektor pekerjaan umum. Misalnya ialah bekerja di sektor perbankan, finansial, pertanian dan yang lainnya.

Industri otomotif

Industri Otomotif berkecimpung dalam semua hal berbau dengan otomotif. Banyaknya komponen yang dipakai membuat lulusan teknik mesin dibutuhkan dalam industri ini.

ADVERTISEMENT

Lulusan teknik mesin sangatt dibutuhkan untuk merancang kendaraan bermotor. Mulai dari bodi,sasis, transmisi kendaraan sampai spesifikasi engine yang ingin dibuat. Semua itu bisa dipelajari jika memilih program studi teknik mesin.

Industri kedirgantaraan

Industri kedirgantaraan tidak jauh beda dengan industri otomotif. Yang membedakan ialah industri ini dikhususkan untuk merancang dan merakit pesawat.

tidak hanya sekedar merakit pesawat. Menentukan material pesawat, membuat kerangka dan membuat spesifikasi mesin pesawat juga diajarkan di perkuliahan jurusan teknik mesin. Ini bisa jadi alternatif apabila kamu nggak diterima di sekolah kedirgantaraan tapi ingin kerja di bidang dirgantara.

Industri bioteknologi

Dalam bioteknologi, sumber daya yang ada diolah dan dijadikan produk yang dapat dipakai manusia. Sedangkan peran teknik mesin dibidang bioteknologi ialah membuat alat yang cocok dengan kebutuhan bioteknologi. Contohnya ialah peralatan farmasi, kedokteran atau bahan bakar yang berasal dari tumbuhan dan masih banyak.

 Konversi energi

Konversi Energi merupakan ilmu yang mempelajari cara membuat sumber energi terbaharukan. Karena pada dasarnya benda dari alam yang mempunyai energi bisa dikonversikan menjadi alat yang bisa membantu kehidupan manusia.

Contoh dari konversi energi ialah kincir angin, kincir uap, fuel cell dan panel surya. Inti dari konversi energi ialah membuat energi listrik dari berbagai sumber energi yang ada di sekitar kita. Sekarang ini banyak bermunculan kendaraan bermotor yang memakai listrik sebagai sumber energi. Bahkan beberapa perusahaan besar yang menggunakan tenaga matahari sebagai sumber pasokan listrik.

 Kontrol lingkungan

Yang dimaksud kontrol lingkungan ialah pengaturan suhu pada sebuah ruangan. Apalagi pengaturan suhu lingkungan guna penyimpanan benda. Tidak semua benda dapat disimpan dalam suhu kamar. Maka dari itu diciptakan alat seperti AC, kulkas, kompresor udara agar dapat mendapatkan suhu tertentu.

Biasanya untuk gedung perkantoran, rumah sakit dan juga gudang penyimpanan makanan selalu diatur suhunya yang sesuai dengan karakteristik lingkungan. Maka dari itu kebutuhan seseorang yang mengerti kontrol lingkungan sangat banyak sekali.

 Industri manufaktur dan otomasi

Industri manufaktur merupakan industri yang berkecimpung dalam produksi sebuah produk. Contoh industri manufaktur ialah perusahaan kendaraan bermotor. Tidak hanya kendaraan bermotor yang siap dijual, termasuk juga spare part dari produk-produk tersebut.

Dalam perakitan produk banyak sekali faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari bahan material, desain, spesifikasi sampai karakteristik dari produk perlu dipertimbangkan. Apalagi melakukan perakitan dengan mesin otomatis.

Baca Juga ; 

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 28 Prospek Kerja Teknik Mesin dan Gaji, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.